LOADING0

Video & Article

Peran Penting Program CSR
Peran Penting Program CSR
29 June 2015
1274 Views

Banyak bentuk kegiatan CSR yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan.

Setiap perusahaan sudah sewajibnya mempunyai program CSR (Corporate Social Responsibility). Tentu saja begitu juga halnya dengan PT Indika Energy Tbk. Ternyata banyak sekali manfaat dari kegiatan CSR yang mereka lakukan. Bahkan berbuah keuntungan yang tadinya tidak disangka-sangka.

PT Indika Energy Tbk memiliki beberapa program CSR. Misalnya di daerah Cirebon tempat perusahaan ini mendirikan power plant PT Cirebon Electric Power. Di sini perusahaan memberikan asuransi untuk para nelayan setempat. Mungkin inilah satu-satunya asuransi untuk para nelayan. Jika mereka kecelakaan dan meninggal dunia saat melaut maka akan mendapat santunan sekitar Rp 75 juta, kata Ir. Eddy Junaedy Danu MM.

Ternyata asuransi seperti ini mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat. Bahkan mereka dengan suka rela membantu dan mengamankan aset milik Indika Energy. Sering di laut itu banyak yang nakal mengambil batu bara kita yang dibawa oleh tongkang. Nakhoda biasanya takut. Tapi sejak kita memberikan asuransi seperti ini maka nelayan yang melihat itu langsung membantu dengan menangkap pencuri tadi atau menghubungi polisi. Jadi ada manfaat yang tak terduga, ujarnya menceritakan kejadian di Cirebon.

PT Indika Energy Tbk juga mendukung kegiatan Indonesia Mengajar yang dirintis Anies Baswedan. Kita termasuk yang pertama memberikan bantuan, tapi sekarang karena Indonesia Mengajar sudah banyak mendapat bantuan kita alihkan ke yang lain. Tetap dengan bentuk mengirim guru-guru ke daerah, kata lulusan Institut Teknologi Bandung tahun 1970 ini.

Sudah pasti kita memberikan banyak bantuan untuk masyarakat di sekitar lokasi industri kita, terutama di bidang kesehatan, ceritanya. Bahkan Indika mendirikan klinik kesehatan untuk anggota SPSI dan keluarganya di wilayah Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Tak hanya urusan bantuan kesehatan, PT Indika Energy Tbk juga ikut menjaga kelestarian lingkungan. Persisnya dengan penanaman bakau di pantai yang tak jauh dari lokasi anak perusahaannya, PLTU PT Cirebon Electric Power. Bakau ini tidak hanya berfungsi menjadi pelindung pantai dari gerusan ombak ternyata juga menjadi lokasi favorit penduduk untuk mengembangkan potensi kepiting, ikan dan udang.

Harapan untuk Pemimpin Mendatang

Puluhan tahun di dunia bisnis, Eddy mempunyai beberapa harapan untuk para pemimpin mendatang. Menurutnya, pemimpin mendatang harus amanah dan mempunyai visi yang jelas. Misalnya mempunyai target dan strategi dalam memajukan pendidikan dan keahlian sehingga tercipta kemampuan untuk bersaing dengan bangsa lain. Kesehatan yang baik sangat penting untuk membangun bangsa yang kuat dan mampu bersaing di tingkat global ujarnya.

Sementara itu untuk sektor ekonomi, lulusan Magister Management Prasetiya Mulya Business School ini mengharapkan adanya pembangunan kekuatan ekonomi melalui peningkatan pemanfaatan produk dalam negeri dan keberpihakan. Mengutamakan dan mendorong pelaku industri nasional maupun penyedia jasa dari dalam negeri, juga membantu pengembangan pengusaha semua tingkatan mulai dari pengusaha besar, menengah maupun usaha kecil, ungkap Eddy.

Terakhir untuk bidang energi yang ditekuni Eddy sejak 40 tahun lalu, ia berharap pemimpin di masa yang akan datang perlu mempunyai strategi untuk semaksimal mungkin memanfaatkan sumber daya yang ada untuk kemakmuran seluruh bangsa dalam jangka waktu yang panjang. Khususnya sumber daya energi, seperti batubara, minyak dan gas bumi. Pemimpin yang kita harapkan juga harus menjamin bahwa sumber energi tersebut akan dapat menciptakan ketahanan energi sehingga kita tidak perlu tergantung pada negara lain, ujarnya.

TOP