LOADING0

Video & Article

Profit Perusahaan Modal Ventura
Profit Perusahaan Modal Ventura
29 June 2015
1546 Views

Banyak penelitian menunjukkan bahwa perusahaan yang inovatif, walaupun sedikit secara jumlah, memberikan kontribusi yang besar pada pertumbuhan ekonomi suatu negara yang berkelanjutan dan memberikan kontribusi pada munculnya pekerjaan-pekerjaan baru dengan penghasilan yang besar. Keberadaan perusahaan yang inovatif umumnya mendapatkan dukungan dari perusahaan modal ventura. Secara umum, perusahaan modal ventura tidak hanya memberikan dukungan dalam bentuk pendanaan saja, perusahaan modal ventura juga memberikan dukungan dalam bentuk peningkatan profesionalitas pendiri perusahaan inovatif mulai dari aspek strategis, percepatan realisasi atau kelayakan produk untuk segera dipasarkan, dan aspek tata kelola perusahaan.

Dukungan dari perusahaan modal ventura, walaupun penting, seringkali dikeluhkan oleh pendiri perusahaan yang inovatif. Satu keluhan ini yang paling umum disampaikan adalah tingkat keuntungan yang diminta oleh perusahaan modal ventura terlalu besar. Tingkat keuntungan yang terlalu besar dikenakan oleh perusahaan modal ventura menghadapi risiko kegagalan investasi yang sangat besar.

Umumnya pendiri perusahaan inovatif mempunyai kecenderungan untuk melihat bahwa peluang perusahaannya untuk berhasil lebih besar daripada perusahaan inovatif lainnya. Tetapi, penelitian dari Stevens dan Burley (1997) menemukan hanya 1 ide inovatif awal, dari 3000 ide inovatif awal, yang berhasil menjadi produk komersial yang sukses.

Mengacu pada hasil penelitian diatas, kami akan mengilustrasikan bagaimana logika perhitungan tingkat keuntungan yang diminta oleh perusahaan modal ventura. Sebagai contoh: Sebuah perusahaan modal ventura mempunyai target keuntungan sebesar 20% dari investasi senilai Rp. 10 miliar. Perusahaan modal ventura selanjutnya menanamkan modalnya pada 2 perusahaan yang inovatif, yaitu perusahaan A dan perusahaan B, masing-masing bernilai Rp. 5 miliar. Potensi kegagalan investasi adalah 50% atau jika investasi tersebut gagal maka dana investasinya habis dari Rp. 5 miliar menjadi Rp. 0. Perusahaan A dan perusahaan B mempunyai peluang untuk gagal yang sama dan tidak dapat diketahui dari awal perusahaan mana yang akan gagal. Dihadapkan pada situasi ini, berapakah tingkat keuntungan yang harus diminta perusahaan modal ventura terhadap perusahaan A dan perusahaan B?

Perhitungan

Investasi Rp. 10 miliar, target keuntungan sebesar 20%, keuntungan adalah Rp. 2 miliar, total Rp. 12 miliar.

Jika 1 perusahaan yang diinvestasikan gagal, maka perusahaan modal ventura rugi Rp. 5 miliar.

Jika 1 perusahaan gagal, maka perusahaan yang satunya lagi diasumsikan berhasil.

Nilai investasi yang dipertimbangkan oleh perusahaan modal ventura adalah Rp. 5 miliar, dengan target menjadi Rp. 12 miliar.

Tingkat keuntungan yang harus diminta perusahaan modal ventura adalah Rp. 12 miliar dibagi Rp. 5 miliar = 140%.

Jika kita menggunakan kasus 5 perusahaan dan 1 perusahaan akan gagal, maka tingkat keuntungan yang harus diminta turun menjadi Rp. 12 miliar dibagi Rp. 8 miliar (4 perusahaan sukses masing-masing investasi Rp. 2 miliar) = 50%.

Berdasarkan hasil penelitian dan contoh perhitungan diatas dapat dipahami bahwa tingkat keuntungan yang besar yang diminta oleh perusahaan modal ventura tidaklah istimewa dan ada dasarnya.

Dr. Adrian Teja (Faculty Member of Prasetiya Mulya Business School)

TOP