LOADING0

News

News
Bisnis Kreatif Kini Didominasi dan Digemari Generasi Milenial, Mengapa?
Bisnis Kreatif Kini Didominasi dan Digemari Generasi Milenial, Mengapa?
06 December 2018
28 Views

Bisnis kreatif merupakan bisnis yang dalam proses pembuatan produk-produknya dibutuhkan kreativitas sehingga dapat menghasilkan nilai seni serta harga jual yang lebih tinggi. Saat ini, bisnis kreatif pun menjadi salah satu bidang dengan perkembangan cukup signifikan. Kepopuleran bisnis kreatif juga dipengaruhi oleh besarnya ketertarikan anak muda atau generasi milenial dalam menjalankannya. Tak hanya digemari, kini bisnis kreatif juga didominasi oleh generasi milenial. Mengapa? Berikut ulasan lengkapnya!

Bisnis kreatif cocok bagi generasi milenial

Perkembangan pertumbuhan bisnis semakin terasa dari tahun ke tahun. Jika dulu dunia bisnis hanya digeluti oleh orang tua, kini perlahan-lahan dunia bisnis mulai dikuasai oleh kaum muda. Salah satu hal yang menyebabkan kondisi ini adalah pesatnya perkembangan dunia bisnis berbasis teknologi. Dalam hal ini, teknologi mendorong munculnya ide-ide bisnis baru yang kebanyakan memang berasal dari ide generasi milenial.

Saat ini membuka bisnis sendiri juga sudah menjadi salah satu tren di kalangan anak muda. Hal ini terbukti dari banyaknya perusahaan startup dan bisnis kreatif yang sebagian besar dibangun oleh generasi milenial. Jiwa kompetitif generasi milenial bisa disalurkan melalui pengembangan bisnis kreatif yang membutuhkan banyak inovasi untuk menghadapi berbagai tantangan. Kondisi inilah yang membuat bisnis kreatif lebih digemari oleh generasi milenial.

Faktor dominasi generasi milenial dalam bisnis kreatif

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini generasi milenial semakin ulet dalam mengembangan berbagai usaha di bidang bisnis kreatif, mulai dari kuliner hingga fashion. Dominasi generasi milenial dalam bisnis kreatif di Indonesia juga terlihat dari besarnya jumlah rataan generasi milenial yang menjalankan bisnis kreatif saat ini. Dengan rataan yang mencapai 80% dari 1,6 juta industri kreatif yang ada tahun 2017 lalu, tidak berlebihan jika dominasi generasi milenial diakui.

Mengingat fakta bahwa para pelaku ekonomi kreatif rata-rata berusia 20-40 tahun, tidak mengherankan bila dominasi generasi milenial sangat terasa dan terbukti. Perlu juga diketahui bahwa pada tahun 2016 lalu, sumbangan industri kreatif Indonesia terhadap domestik bruto (PDB) mencapai angka Rp922 trilun dengan rata-rata kenaikan per tahun hingga Rp70 triliun. Di tahun 2018 ini, pemerintah menarget tambahan kontribusi industri kreatif terhadap PDB.

Tambahan tersebut diharapkan bisa tembus lebih dari Rp 1.000 triliun. Adapun sumbangan PDB dari industri kreatif di Indonesia masih didominasi oleh subsektor kuliner sebesar Rp382 triliun, fashion sebesar Rp166 triliun, dan kriya sebesar Rp142 triliun. Rata-rata pertumbuhan ketiga subsektor tersebut diketahui mencapai lebih dari 9%, lebih tinggi dari pertumbuhan PDB nasional.

Pengaruh perkembangan teknologi dan lingkungan serba digital

Kehidupan digital kini telah meresap ke dalam setiap lini kehidupan dan segala aktivitas tidak bisa terlepas dari internet. Perkembangan teknologi ini menyebabkan terjadinya transformasi gaya hidup, terutama bagi mereka yang lahir pada tahun 1990-an sampai 2000-an atau generasi milenial. Lahir dan tumbuh dengan nyaman dalam lingkungan serba digital, membuat generasi milenial memanfaatkan internet untuk membuat berbagai aktivitas dalam kehidupan mereka menjadi lebih mudah.

Generasi milenial atau generasi digital native ini memilih untuk terhubung dan terkoneksi dengan orang lain lewat beragam media sosial seperti Twitter, Facebook, hingga Instagram. Tidak lagi ada jarak karena semuanya sudah saling terkoneksi. Generasi milenial mengubah tatanan nilai dan gaya hidup yang selama ini menjadi serba digital. Kondisi ini pula yang mendorongnya lebih aktif dalam bisnis kreatif yang cenderung digital.

Selain berkaitan dengan perkembangan teknologi, dominasi generasi milenial dalam bisnis kreatif juga dipengaruhi oleh statistik pendidikan Indonesia yang saat ini juga didominasi oleh anak muda. Sebanyak 50% penduduk Indonesia berusia di bawah 30 tahun. Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia, bisa dibayangkan banyaknya jumlah anak-anak muda yang kini mencari dan menciptakan kesempatan kerja, salah satunya melalui bisnis kreatif.

Banyaknya jenis bisnis kreatif yang disukai generasi milenial

Kini, begitu banyak jenis bisnis kreatif yang bermunculan cocok bagi generasi milenial. Apa saja?

  • Bisnis Online

Bisnis online juga merupakan bisnis yang paling laris manis di kalangan generasi milenial. Dari tahun ke tahun, jumlah pemilik bisnis online juga semakin bertambah. Di Indonesia, terdapat ribuan bahkan puluhan ribu orang yang menggeluti bisnis online karena memang cukup profitable, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Kemampuan generasi milenial dalam mengamati kebutuhan pasar dengan cara memanfaatkan setiap teknologi yang ada juga membuatnya memiliki peluang lebih besar untuk unggul dalam bidang bisnis online. Contoh bisnis online yang banyak digeluti para milenial adalah katering sehat, produk fashion, produk kecantikan, gadget, hingga snack dan camilan kekinian.

  • Bisnis Startup

Bisnis startup merupakan bisnis rintisan yang kini sedang tren di kalangan generasi millenial. Kemunculan bisnis startup dalam berbagai bidang turut serta dalam mengubah aktivitas sehari-hari manusia. Contoh bisnis startup yang sedang naik daun adalah bisnis yang bergerak di bidang sosial, misalnya Karapan (aplikasi penjualan produk peternakan) atau Garda Pangan (memantau ketersediaan pasokan pangan melalui aplikasi berbasis website secara real time).

  • Kafe

Kini, tren munculnya kafe-kafe baru mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Adanya peralihan fungsi kafe yang dulunya digunakan sebagai tempat makan menjadi tempat tongkrongan hits anak muda membuatnya jadi rutinitas kaum milenial saat pulang kerja, pulang kuliah, ataupun saat weekend. Dengan persaingan kafe-kafe di Indonesia yang sangat ketat, diperlukan kemampuan mengamati kebutuhan utama generasi milenial. Kemampuan ini tentu saja merupakan kelebihan generasi milenial itu sendiri untuk mengetahui kebutuhannya dengan pasti.

  • Bisnis Fotografi

Generasi milenial saat ini juga memiliki ketertarikan yang besar dalam dunia fotografi. Dunia fotografi yang dulunya hanya sebagai hobi, kini berubah menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Dapat dimulai secara perlahan dan modal yang minim, bisnis fotografi menjadi salah satu jenis bisnis kreatif yang didominasi oleh generasi milenial saat ini. Peluang bisnisnya pun sangat besar mengingat jasa fotografer dibutuuhkan di berbagai momen, membuatnya menjadi salah satu bisnis kreatif yang menjanjikan.

  • Kuliner Kekinian

Membuat bisnis kreatif berupa kuliner kekinian dengan mendesain tempat dan makanan yang instagramable menjadi salah satu contoh bisnis kreatif yang disukai anak muda. Inovasi terhadap makanan tentu dibutuhkan bila ingin bersaing dalam bidang kuliner. Mendesain makanan tradisional menjadi lebih menarik, misalnya membuat mie warna-warni bisa menjadi aspek penting dalam menarik minat para pembeli.

Melihat pertumbuhan bisnis kreatif Indonesia yang semakin pesat, mulai merintis bisnis kreatif bisa menjadi pilihan yang tepat. Beberapa contoh bisnis kreatif yang disukai oleh para generasi milenial saat ini juga layak dicoba. Semoga bermanfaat!

TOP