LOADING0

News

News
CEO Lecture: Inspirasi Komik One Piece Dalam Membangun Tokopedia – CEO Lecture William Tanuwijaya
CEO Lecture: Inspirasi Komik One Piece Dalam Membangun Tokopedia – CEO Lecture William Tanuwijaya
01 August 2019
117 Views

"Membangun bisnis bukan tentang keberhasilan, tapi bagaimana kita bisa bangkit dari kegagalan."

William Tanuwijaya, CEO Tokopedia

 

Ketika bekerja sebagai seorang penjaga warnet (warung internet), William Tanuwijaya langsung jatuh cinta pada dunia maya. Ide untuk mendirikan sebuah platform online market pun tercetus, dan Tokopedia akhirnya lahir pada tahun 2009. Nama William melejit sebagai CEO muda berbakat yang menginspirasi banyak calon entrepreneur dan profesional, termasuk mahasiswa MM Program Prasetiya Mulya. Dalam ajang CEO Lecture pada hari Kamis (1/8) lalu, ia mengungkap inspirasi di balik realisasi mimpi dalam memeratakan perekonomian Indonesia secara digital.

Kegagalan Bertemu Kegagalan

Mengikuti tema perkuliahan yakni “Belajar Bareng The Underdog Culture”, William menceritakan perjalanan menanjaknya sampai bisa tiba di milestone 10 tahun Tokopedia. Waktu awal membangun bisnisnya, online marketplace bukan suatu hal yang baru di negara maju. Namun menerapkan konsep jual-beli online di negara kepulauan seperti Indonesia tentu saja mengundang rintangan yang berbeda.

“Waktu itu, tidak ada investor yang mau memberikan modal pertama,” William menceritakan. “Apalagi di perusahaan berbasis internet. Di titik itu, belum ada satu perusahaan teknologi dari Indonesia yang sukses.” Selengkapnya...

 

TOP