LOADING0

News

News
Pitch First 2017
Pitch First 2017
09 September 2017
400 Views

Sebagai sekolah bisnis dan ekonomi terdepan di Indonesia, Universitas Prasetiya Mulya memiliki visi sebagai penggerak dalam pemajuan ilmu pengetahuan, pembentukan, dan penumbuhan usaha yang inovatif dan unggul melalui pendidikan, penelitian, dan pelatihan dalam bidang ilmu bisnis, sosial, dan sains terapan untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Sebagai bagian dari civitas academica Universitas Prasetiya Mulya, melalui mahasiswa/i Program Pascasarjana bersama dengan para faculty member-nya terus berupaya untuk mengimplementasikan visi tersebut salah satunya melalui Pitch First 2017: National Business Pitching Competition.

Dalam kompetisi Pitch First 2017, mahasiswa/i program Sarjana (S1) yang berasal dari Universitas se-Indonesia diberikan ruang untuk menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman untuk mengekspresikan dan mempresentasikan ide bisnisnya melalui kompetisi business pitching. Pada tahun pertama ini, Pitch First 2017 mengusung tema "Social Empowerment Through Profitability". Oleh karena itu, ide bisnis yang diusung oleh peserta diharapkan tidak sekedar menghasilkan laba atau profit tetapi juga memberikan dampak positif secara konsisten dan berkesinambungan bagi masyarakat dan lingkungan.

Pitching adalah sebuah istilah yang merujuk pada kegiatan mempresentasikan suatu ide atau gagasan kepada orang lain atau khalayak ramai. Istilah pitching sangatlah akrab, terutama bagi para pebisnis start-up dalam dan luar negeri. Oleh karena itu, pitching dalam bisnis secara spesifik adalah mempresentasikan segala hal yang berkaitan dengan ide atau gagasan bisnis di hadapan para calon investor dengan tujuan untuk mengumpulkan dana dari mereka yang akan digunakan dalam membiayai kegiatan bisnis yang diajukan. Sehingga, melalui kompetisi Pitch First tidak hanya dijadikan sebagai ajang perlombaan bagi peserta yang mengikutinya, tetapi juga sebagai wadah bagi peserta untuk mengukur kesiapan dan kapabilitas mereka dihadapan para dewan juri yang professional sebagai tolak ukur kesiapan mereka untuk menjadi seorang enterprenuer yang sesungguhnya.

Pitch First berada dalam naungan sebuah multi-event bernama IDEACRAFT yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Sekolah Bisnis dan Ekonomi - Universitas Prasetiya Mulya dan Pitch First merupakan acara kedua dalam serangkaian kegiatan Ideacraft 2017. Dimana pada 11 Agustus 2017 yang lalu telah sukses menyelenggarakan grand seminar dan pada Bulan November mendatang akan diadakan Marketition 2017: National Marketing Competition bagi mahasiswa Pascasarjana se-Indonesia.

Pitch First 2017 mengundang 117 universitas se-Indonesia dan akhirnya terdapat 18 tim terbaik yang diundang untuk mempresentasikan ide bisnisnya secara langsung dihadapan dewan juri. Tim tersebut berasal dari Universitas Prasetiya Mulya, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Bakrie, Universitas Diponegoro, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Kristen Petra, Universitas Padjajaran, Universitas Podomoro, Universitas Tarumanagara, dan Universitas Terbuka.

Pitch First 2017 menghadirkan 10 juri yang terdiri dari para akademisi dan praktisi yang berpengalaman, dengan komposisi 4 juri Faculty Member Universitas Prasetiya Mulya dan 6 juri eksternal.
- Bapak Prof. Andreas Budiharjo, beliau merupakan Faculty Member Universitas Prasetiya Mulya dan guru besar sumber daya manusia.
- Bapak Sukasah Syahdan, beliau merupakan Faculty Member Universitas Prasetiya Mulya dan salah satu Sterring Commitee Ideacraft 2017. Beliau merupakan pendiri dan editor dari Akal dan Kehendak.
- Bapak Henry Pribadi, beliau merupakan Faculty Member Universitas Prasetiya Mulya dan manajer program dari MM Eksekutif.
- Ibu Elizabeth Lius, beliau merupakan Faculty Member Universitas Prasetiya Mulya .
- Ibu Tri Mumpuni, beliau merupakan Executive Director Inisiatif Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA).
- Bapak Arief Mustain, beliau merupakan Executive General Manager divisi digital service Telkom Indonesia.
- Bapak Jalal, beliau merupakan Ketua Dewan Penasehat Social Investment Indonesia.
- Ibu Annisa Paramita, beliau merupakan Managing Director  PT Wasteforchange Alam Indonesia.
- Bapak Nazier Arifin, beliau merupakan Associate Director Angel-eQ Investor.
- Ibu Lisa Ayu Wulandari, beliau merupakan pendiri dari PT Limakilo Majubersama Petani.
 

Berikut adalah para pemenang dari Pitch First 2017:
- Juara 1 | Alfred (Team) – Universitas Prasetiya Mulya
- Juara 2 | Abhipraya (Team) – Institut Teknologi Bandung
- Juara 3 | Snipview (Team) – Universitas Prasetiya Mulya
- Juara Favorite | Naiki.id (Team) – Universitas Diponegoro
- Best Pitcher | Gary Aruana Kisela (Individual) – Universitas Prasetiya Mulya
 

Tentunya melalui kompetisi ini terdapat tujuan yang ingin dicapai. Ini adalah awal dari perjalanan Pitch First untuk menjadi platform National Business Pitching Competition terbaik dimana para peserta dapat berkompetisi dan belajar dari satu sama lain serta membangun jaringan yang kuat diantara mereka. Pitch First juga hadir untuk memberikan kontribusi dalam pembentukan generasi muda Indonesia yang memiliki keterampilan dan karakter entrepreneurial, kreatif, dan inovatif serta keberanian untuk melakukan perubahan positif bagi masyarakat dan lingkungan secara luas.

 

Narahubung:
Kartika Fitriani - Partnership Officer [+62 821-8807-6599]
Ivan Christian Winatha - Partnership Officer [+62 812-9002-9868]
www.ideacraft.com
ideacraft.id@gmail.com

TOP