LOADING0

Press Release

IBTALK - Business Strategy 2017: Responding to Unprecedented Global Challenges
IBTALK - Business Strategy 2017: Responding to Unprecedented Global Challenges
27 February 2017
622 Views

Jakarta, 24 Februari 2017 – Magister Manajemen Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya kembali menyelenggarakan Inspiring Business Talk “IB Talk”, yaitu seri seminar rutin yang selalu mengangkat tema-tema bisnis yang menjadi isu yang hangat saat ini. Penyelenggaraan IB Talk merupakan wujud kepedulian dari Universitas Prasetiya Mulya terhadap para future business leader, dengan tujuan untuk memberikan insight yang inspiratif dengan harapan dapat diaplikasikan kedalam kehidupan profesionalisme. IB Talk kali ini diselenggarakan pada hari Jumat, 24 Februari 2017 bertempat di Financial Club lantai 2, Graha CIMB Niaga Sudirman, Jakarta Selatan. Mengawali tahun 2017, IB Talk mengangkat tema “Business Strategy 2017 : Responding to Unprecedented Global Challenge” dengan membawa 2 pembicara yaitu Prof. Sammy Kristamuljana, Ph.D selaku Professor di bidang Strategic Management, Senior Faculty Member di Universitas Prasetiya Mulya, dan juga Komisaris Independen di salah satu Bank terdaftar BEJ yang akan berbicara dari sisi akademisi dan yang mendampingi beliau adalah Ir. Soelaeman Soemawinata, MM selaku Ketua Asosiasi Pengembang Rumah Real Estate Indonesia (REI) dan juga Alumni MM Universitas Prasetiya Mulya yang akan berbicara dari sisi praktisi.

Tahun baru 2017 disertai dengan kebaharuan yang tidak terbayangkan akan seperti apa kondisi bisnis di sepanjang tahun 2017. Perusahaan akan menghadapi unprecedented challenges atau tantangan baru yang belum pernah ada dan sangat berbeda dari sebelumnya. Kenyataannya menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap jumlah perusahaan yang gagal mencapai tujuan meskipun sudah menjalankan Manajemen Stratejik. Terdapat 2 penyebab umum kegagalan dalam Manajemen Stratejik yaitu Strategi yang dihasilkan tidak efektif serta landscape bisnis telah berubah, baik akibat isu domestik dan juga arus globalisasi yang menyebabkan terjadinya MegaChanges yaitu kondisi yang terjadi dimana perubahan-perubahan besar yang kemunculannya “susul-menyusul” dan mau tidak mau harus menjadi perhatian perusahaan apabila ingin tetap bertahan. Beberapa contoh kondisi MegaChanges adalah seperti Perubahan iklim, pertumbuhan penduduk dunia yang kian bertambah dan juga kondisi perang, terorisme, revolusi, dan lain-lain.

Menurut Ir. Soelaemen Soemawinata, MM, pertumbuhan penduduk Indonesia kurang lebih sekitar 3 juta jiwa per-tahun menyebabkan manusia melakukan ekspansi ke ruang-ruang kosong yang ada untuk memenuhi kebutuhannya sehingga dalam industri properti tantangan yang harus dihadapi di tahun 2017 ini salah satunya adalah kredit macet yang membuat perputaran ekonomi tidak berjalan dengan lancar. Menurut Soelaeman, para pebisnis di bidang properti harus siap dan percaya diri dalam menghadapi situasi unprecedented seperti sekarang. Lalu strategi bisnis apa yang harus dilakukan untuk tetap bertahan di tengah situasi unprecedented di taun 2017 ini? Yaitu tetap menjalankan proses manajemen stratejik guna menghasilkan strategi bisnis dalam kurun waktu 3 tahun ke depan dengan fokus 1 tahun pertamanya. Kemudian lengkapi proses tersebut dengan “Model Resultan” untuk menghadapi Unprecedented Global Challenge. Model Resultan adalah “Konfigurasi formasi dan transformasi tujuh vektor-resultan ‘kesadaran akan keterdesakan’ (sense of urgency) yang menyatukan pemimpin stratejik dan anggota organisasi suatu perusahaan sehingga terus-menerus melahirkan upaya kreatif membaharui organisasinya demi mempertahankan kelangsungan hidup di tengah-tengah perubahan lanskap bisnis”.

Prasetiya Mulya merupakan penyedia program MBA pertama di Indonesia dan pendidikan bisnis swasta terkemuka sejak tahun 1980 yang menawarkan standar tertinggi dalam bidang pendidikan bisnis manajemen tingkat sarjana dan pascasarjana yang telah berakreditasi A melalui Badan Akreditasi Nasional. Mahasiswa secara eksklusif diajarkan oleh Faculty Member dengan pengalaman profesional yang luas serta berbagai penghargaan akademik, yang memberikan siswa kesempatan untuk belajar dari tokoh-tokoh terkenal di bidangnya. Magister Manajemen Universitas Prasetiya Mulya menawarkan program Full Time dan program Part Time untuk mereka yang ingin belajar sambil bekerja.

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
Marketing & Customer Relations Graduate Program
MM Universitas Prasetiya Mulya
Kampus Cilandak, Jl. R.A Kartini, TB Simatupang, Cilandak Barat, Jakarta 12430
T +62 21 7500 463 ext. 1006
E Roxanne.akil@pmbs.ac.id

 

TOP