LOADING0

Press Release

Lima Mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya Menjadi Anggota Delegasi Indonesia dalam Program Outstanding Students of The World (OSTW) 2016 di Hong Kong
Lima Mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya Menjadi Anggota Delegasi Indonesia dalam Program Outstanding Students of The World (OSTW) 2016 di Hong Kong
08 June 2016
682 Views

Pada 22 – 29 mei 2016, indonesia melalui Direktorat Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengirimkan dua belas mahasiswa untuk mempromosikan kewirausahaan melalui program Outstanding Students of The World (OSTW) di Hong Kong. 5 dari dua belas delegasi tersebut adalah mahasiswa S1  dan S2 Universitas Prasetiya Mulya yang sekaligus menjadi kampus dengan delegasi terbanyak. Kelima orang mahasiswa tersebut adalah Theodorus Ega (Mahasiswa S1 – Bisnis 2012), Hendry Yonatta (Mahasiswa S1 – Bisnis 2013), Adi Lingson MMR 52) Muhammad Ridwan (MMR 52), dan Dody Iswandi Mauliawan (MMR 54). Para mahasiswa sebelumnya telah melalui beberapa tahapan seleksi dan pembinaan yang diselenggarakan oleh Kemenlu sejak awal April 2016. Kampus lain yang turut berpartisipasi dalam program ini adalah Universitas Ciputra, PPM School of Management, Universitas Surya dan Universitas Padjajaran.

Kegiatan yang dijalani selama proses OSTW merupakan kegiatan-kegiatan diplomasi perdagangan dengan beberapa stakeholder yang ada di Hong Kong. Diantaranya: (a) membahas strategi Hong Kong Trade Development Council dalam mempromosikan perusahaan-perusahaan di Hong Kong untuk dapat bersaing secara global; (b) membahas jenis-jenis fasilitas pembinaan teknologi yang disediakan Hong Kong Productivity Council terhadap perusahaan rintisan di Hong Kong; (c) membahas relevansi kepemudaan dalam perekonomian Hong Kong bersama dengan Hong Kong Federation of Youth Groups serta Hong Kong Secretary of Education. Selain ketiga kegiatan utama tersebut terdapat pula kegiatan berjejaring dan membahas peluang pasar Hong Kong bagi produk Indonesia. Kegiatan ini dilakukan bersama Konsulat Jendral Republik Indonesia di Hong Kong. Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Hong Kong, Hong Kong University (HKU), serta beberapa stakeholder lainnya.

Program OSTW merupakan salah satu program andalan Kemenlu RI dalam mendorong peran diplomasi multi-jalur, khususnya dalam hal diplomasi perdagangan. Meskipun sudah diselenggarakan secara rutin sejak 2011, baru pada 2016 inilah program OSTW menajamkan sasarannya dengan mengirim generasi muda Indonesia yang memiliki fokus di bidang ekonomi dan kewirausahaan. Menyikapi sambutan positif yang didapat selama penyelenggaraan program OSTW ke depannya diharapkan tetap fokus pada bidang ekonomi dan kewirausahaan. Bagi rekan mahasiswa yang berminat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, program OSTW berikutnya diperkirakan akan mulai mengirimkan undangan ke berbagai sekolah ekonomi dan bisnis pada Maret 2017.

TOP