LOADING0

Press Release

iGLOOS: Hunian Darurat Multi-Fungsi
iGLOOS: Hunian Darurat Multi-Fungsi
01 February 2017
1862 Views

(Jakarta, 31 Jan. 2017)  Universitas Prasetiya Mulya (School of Business and Economics), bekerja sama dengan Kedutaan Besar Finlandia, meluncurkan sebuah produk hunian multi-fungsi sementara  yang diberi nama: iGLOOS.  Acara peluncuran iGLOOS dilakukan pada  31 Januari 2017, bertempat di Kampus Cilandak Universitas Prasetiya Mulya, Jl. R.A Kartini, T.B. Simatupang, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Selain Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Prof. Djisman Simandjuntak, turut pula hadir dalam acara ini perwakilan berbagai institusi terkait, seperti perwakilan Kedutaan Besar Finlandia (Mr. Tapani Kivela), dan Deputi Penanganan Pengungsi selaku perwakilan dari BNPB (Dr. Ir. Taufik Kartiko, M. Si.).  Juga hadir sejumlah pengusaha dari perusahaan modal ventura; perusahaan nasional dan multinasional di Indonesia yang aktif dalam program corporate social; beberapa universitas ternama (ITB, UI dan IPB) yang berminat untuk berkolaborasi di bidang sociopreneur.

Berawal dari gagasan Universitas Prasetiya Mulya untuk terlibat aktif dalam bidang kemanusiaan, khususnya dalam penyediaan rumah pengungsian layak huni, ide tersebut didukung penuh oleh Kedutaan Besar Finlandia lewat program Local Cooperative Fund (LCF),  yang berhasil menemukan solusi hunian sementara multi-fungsi yang nyaman, ringkas, mudah dipindahkan dan didirikan, yaitu produk yang dinamakan: iGLOOS. Bentuk iGLOOS yang kokoh dan menyerupai rumah mini diharapkan dapat lebih memberikan perasaan aman dan nyaman bagi korban bencana, dibandingkan dengan alternatif di pasca bencana terdahulu, yang berupa tenda maupun tempat pengungsian.

Dengan luas 7.84 m2, iGLOOS dilengkapi dengan kasur lipat, meja dan juga toilet. Hunian sementara multi-fungsi ini juga memanfaatkan teknologi solar panel sebagai sarana penyimpan dan penghantar aliran listrik, sehingga pengungsi mendapatkan akses pendingin atau bahkan penghangat udara. Untuk setiap pengerjaannya, iGLOOS membutuhkan waktu instalasi sekitar 4 jam dan waktu pembongkaran selama 1 jam dengan bantuan 4 orang yang terlatih.

Dengan kemudahan dan durasi pemasangan maupun pembongkaran yang relatif singkat ini, pihak Universitas Prasetiya Mulya dan Kedutaan Besar Finlandia berharap kehadiran iGLOOS dapat menjadi solusi hunian sementara yang tepat pada saat terjadi bencana alam ataupun bencana kemanusiaan. Untuk itu, perwakilan dari Universitas Prasetiya Mulya bersama dengan Kedutaan Besar Finlandia di Indonesia mengundang semua pihak untuk hadir dalam peluncuran produk iGLOOS dan secara langsung melihat dan merasakan secara langsung pengalaman berada di dalamnya.

Universitas Prasetiya Mulya (School of Business and Economics) sejak lama aktif dalam aktivitas kewirausahaan sosial. Salah satu alasannya adalah karena hal tersebut terkait langsung dengan visi dan misi yayasan yang menaungi universitas tersebut.  Selain itu, Universitas Prasetiya Mulya sejak lama aktif meningkatkan kapasitas pengusaha mikro dan kesejahteraan warga pedesaan, melalui pembentukan usaha mikro dan pendampingan usaha. Proyek iGLOOS ini memberikan Universitas Prasetiya Mulya pengalaman baru dalam membantu meringankan beban dan trauma masyarakat yang terdampak bencana.

Tentang iGLOOS

iGLOOS adalah hunian sementara multi-fungsi dan layak-huni yang mengedepankan aspek keringkasan, kenyamanan dan kecepatan. Setiap iGLOOS dilengkapi dengan kasur, toilet, dapur-mini, jendela, exhaust fan serta solar panel dan water bank yang baik sehingga memudahkan para penghuni dalam memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari.  Mampu menampung hingga 4 orang di dalamnya, iGLOOS diharapkan dapat menjadi solusi hunian sementara terdepan yang lebih humanis dan layak huni.

Untuk info lebih lanjut, silakan hubungi iGLOOS Project Team di email: pmbsfinland@gmail.com

TOP